Halaman

Deg-deg-an pasca 36 minggu kehamilan



Menjelang dan setelah kehamilan berumur 9 bulan itu Ruaarr binasa perubahannya, baik itu perubahan si dedeknya atau perubahan tubuhku sendiri. Ya maklum kehamilan pertama jadinya semuanya serba mengagetkan...hehe 


Pas jadwalnya kontrol si dedek di usia 34 minggu, dokternya bilang nih si dedek kekecilan L. Beratnya baru 1,9 kg dari yang seharusnya 2,1 kg. Sempet agak sedih sih kenapa pertumbuhannya ga sesuai jadwal, tapi yang tadinya manyun langsung sumringah sesaat pas dikasih tau dokter buat didopping makan es krim yang banyak biar dedeknya cepet gede...hohoho...berasa dikipasin angin surga * i luv ice cream..nyam..nyam... ^^

Selain masalah berat dedeknya yang kurang, aku juga bilang semakin sering kunang-kunang terutama setiap senam hamil, mesti disuruh istirahat dulu sama bidannya. akhirnya disuruh cek darah sama dokternya buat tau kadar Hb nya berapa. Karena pas itu dapet antrian nomor 11 yang artinya juga giliran kontrol jam 11 malam (wakakak...ini beneran kencan tengah malam buta sama dokternya), jadi ya daripada besok kudu kesini lagi mending tes darahnya sekalian ajah sekarang. Dan ternyata hasilnya kadar Hb ku cuma 10..which means itu tergolong rendah dengan beberapa resiko saat persalinan normal nanti...huhu *sedih lagi +___+ 



Jadilah selama 2 minggu aku berusaha dengan amat serius dan sungguh bersemangat menghabiskan eskrim 1 liter yang dibeliin si abang tercinta...haha. Dan pas kontrol di usia 36 minggu, berat dedeknya udah 2,3 kg....wew mantaph!! 
Pake dipuji juga sama dokternya kalau usahanya bagus, tapi katanya 2,3 itu ambang batas minimal. Jadi tambah semangat untuk mengejar ketertinggalan dan akhirnya kembali membeli 1 liter es krim lagi (wah ini mah udah mulai kalap namanya). Karena setelah 36 minggu jadwal kontrolnya jadi seminggu sekali, di minggu ke 37 kembali ngecek si dedek.

eng..ing..eng... ternyata beratnya si dedek udah jadi 2,7 kg. Cepet amat yak..padahal tuh eskrim blon juga abis dan udah disuruh berenti sama dokternya..huhu *nangis karena kenapa ga diabisin dulu sebelum disuruh stop #eh. Segitu sih katanya udah sesuai ama umur kehamilan, tapi range keakuratan USG kan bisa kurleb 300 gr jadi bisa lebih atau kurang. pengennya sih si dedek ga lebih dari 3 kg biar ga kesusahan pas lahiran nanti. Dan tensiku juga pas lagi rendah, cuma 100/60 padahal 4 hari sebelumnya dicek agak tinggi sampe 130 dan kaki bengkak. 

Mulai usia 36 minggu juga semakin merasakan yang namanya kontraksi palsu a.k.a kontraksi Braxton Hicks. Trus sempet juga ngerasain yang namanya ketuban merembes..heuuuu. Ga banyak kayak banjir gitu sih, cuma cd itu basah terus sampe ganti 4x dan ngerasa koq perut kayak cuma isi bayi doang ga ada air yang kenyal-kenyal gitu. Abis subuh berangkat ke UGD buat periksa, katanya belum pembukaan dan tes lakmusnya ga meyakinkan antara ketuban atau bukan. Disuruh periksa USG sama dokternya, cuma berhubung si abang lagi sibuk banget hari itu jadi batal deh,,semoga ga kurang ya dek. Baca-baca di artikel sama forum-forum bumil, katanya ketuban yang merembes sedikit-sedikit gitu bisa berhenti dan nutup bocornya setelah beberapa saat, dan emang bener sih besoknya dipake bedrest dan ga keluar lagi. Dan buat ngisi kekurangan ketubannya bisa diminumin air putih sama pocari sweat yang banyak.

Selain itu, kulit perut mulai pecah-pecah dan timbul stretch mark merah gitu. Padahal udah rajin dioles minyak zaitun setiap abis mandi, tapi mungkin karena program penumbuhan berat si dedek yang drastis itu akhirnya pecah juga L. Tapi lumayan lah ga sampe item-item gitu, dan sekarang udah mulai melembut warna merahnya sambil rajin tetep pake minyak zaitunnya. 


Sekarang udah masuk minggu 38, sensasi mau melahirkan makin kerasa deh. Mulai kontraksi yang makin sering, nyeri pinggang bawah sampe ke perut bawah, tendangan dedek yang makin macho (terutama kalo protes laper..hehe). Alhamdulillah target khataman Qur’an juga udah kelar..jadi udah tenang kalau mau lahiran kapan ajah ^^ 

Baca yang lengkap yaa,,,

2 komentar:

Dunia Nyata Berbatas Kaca 4 Oktober 2012 pukul 19.40  

Ponakanku machoooooo

ika hk'04 20 November 2012 pukul 11.07  

eh si echa anak KMFH itu kan ya????wuih kapan nikahnya nih.....kok g kabar2 ya???skarang dedeknya udah bisa apa cha??masih tinggal di jogja??

Posting Komentar

Apa yang kamu pikirkan dari tulisan di atas? Mari bertukar pikiran,,,