Hari ini kali ketiga aku menelepon call center telkomsel untuk mengeluhkan layanan jaringan data yang sudah hilang beberapa hari ini di wilayah kosku, tapi tidak mendapat solusi yang menyenangkan.
Beberapa hari lalu (mungkin sekitar sepekan lalu), tiba-tiba hapeku nge-lek saat dipakai wawancara dengan jaksa pembimbing. saat ini aku pakai Sony Ericsson tipe G502 yang sudah 3.5G dan HSDPA. saat itu memang sempat error untuk internet. Tapi setelah diotak-atik settingannya,,ini hape bandel lagi,,ngebut dipakai buat ngenet>>mantaph deh,,puas pakenya.
Tapi saat pulang ke kos dan kupakai untuk ngenet,,udah ga bisa lagi. Kupikir akibat ngelek tadi,,yowislah,,kumaklumi saja. Kumatikan hape selama beberapa jam dan kuaktifkan lagi,,masih ndak bisa. Esoknya pas lagi di pengadilan,,hapeku sudah bisa dipakai ngenet lagi. Sampe kos, lagi-lagi ndak bisa.
Kupikir ini bermasalah di jaringan,,karena hapeku walaupun sempat ngelek,,tapi fine-fine ajah after ngelek tadi buat ngenet di tempat lain. Kupanggil lah nomor careonline telkomsel. Darisana operator memberi beberapa bantuan alternatif untuk solving problem, yaitu:
1. Dimatikan selama 2 menit lagu nyalakan lagi, kalau tidak bisa
2. Setting manual jaringan ke provider lain lalu pilih tsel wap gprs kembali, kalau tidak bisa juga
3. update lokasi, kalau tidak bisa juga
4. coba ke jam yang tidak sibuk misal jam 12 malam.
>>Semuanya sudah kucoba,,and nothing happened. Sampe bela-belain tidur jam 1 cuma buat ngecek bolak-balik uda bisa apa belum.
The day after, aku kembali menghubungi careonline buat laporan. dengan operator kedua ini semua tahapan diatas dijelaskan lagi. Kubilang sudah semua tapi tetep ndak bisa. Akhirnya dia minta aku mencoba kartunya di hape lain,,kujelaskan lagi bahwa yang bermasalah bukanlah hapeku tapi jaringannya coz fine-fine ajah kalo dibawa ke luar jaringan. Karena dianya tidak mau membuat laporan tentang keluhanku kalau belum kulakukan,,yowislah aku mengalah. kebetulan anak kos lagi pada pergi jadi agak susah meminjam hape yang bisa kutukar sementara. setelah dicoba di hape lain,,tetap tidak bisa.
Kemudian aku menelepon lagi. Operator ketiga masih ngeyel kalau tidak ada masalah di jaringan dan menyalahkan hapeku. segala prosedur sudah kuikuti tapi tetap mereka bersikukuh,,,agak kutinggikan sedikit nada bicaraku tapi dia tetep kekeuh kumekeuh>>ini hasil training yang bertahun-tahun kali yak,,,
Solusi terakhir dia meminta aku terus update lokasi secara berkala,,,di sony cuma ada opsi auto time zone,,tapi bukankah itu tidak masalah ketika hape kubawa ke lokasi lain dan tanpa kusetting apapun bisa ngenet secara otomatis??
Capek juga bolak-balik bikin laporan,,tapi kenapa mereka tidak mau bergerak hanya untuk sekedar mengecek towernya sendiri bermasalah apa ga ya? kenapa pelanggan yang disalahkan? apa aku yang harus ngecek ke towernya mereka? Sampai detik ini jaringan masih bermasalah dan paket data yang sudah kubeli masih utuh dan hampir expired,,,,
Ohya aku pengguna kartu as dan lokasiku di jalan kaliurang km6 (wilayah UGM),,,
Tolong ada respon dari pihak telkomsel sebagai penyedia layanan agar konsumen merasa tidak terugikan,,,aku pelanggan setia telkomsel karena percaya kualitas jaringan dan pelayanan yang bagus.
Baca yang lengkap yaa,,,
Halaman
Layanan Jaringan Data Telkomsel di Sekitar UGM bermasalah,,,
Postingan khas
Echa Azhar Nugroho
Rabu, 17 Maret 2010
Label: Keluhan Pelanggan
1 komentar:
artikel yang cukup menarik thanks for sharing . nice post
ST3 Telkom
Posting Komentar
Apa yang kamu pikirkan dari tulisan di atas? Mari bertukar pikiran,,,